logo

logo

Tips dan Trik Untuk Melindungi Diri Dari Hacker ataupun Kejahatan Cyber



Jika Anda surfing di net atau komputer Anda terhubung dengan cara apapun ke Internet, Anda akan sadar akan risiko bahwa penjahat cyber menimbulkan untuk Anda. keamanan komputer, juga dikenal sebagai cybersecurity atau keamanan TI, adalah perlindungan sistem informasi dari pencurian atau kerusakan pada hardware, software, dan informasi pada mereka, serta dari gangguan atau penyesatan dari layanan yang mereka berikan. Di sisi lain, keamanan data berarti data yang melindungi, seperti database, dari kekuatan-kekuatan destruktif dan dari tindakan yang tidak diinginkan dari pengguna yang tidak sah.

Setiap pengguna komputer harus mengetahui hal-hal dasar untuk menjaga perangkat dan data mereka aman. Diberikan di bawah ini adalah beberapa tips dan kebiasaan yang dapat membantu Anda:

1. Look Out untuk Serangan Social Engineering

Social engineering adalah kekhawatiran keamanan terbesar hari ini, sebagai pencuri cyber dan hacker cerdas mendapatkan akses ke informasi aman Anda baik melalui meniru perusahaan lain, phishing dan strategi umum lainnya. Anda harus berhati-hati dari semua panggilan yang mencurigakan telepon, email, link dan komunikasi lainnya yang Anda terima. Juga, diketahui bahwa sebagian besar pelanggaran data berasal dari sumber internal. Oleh karena itu, kesadaran adalah kunci penting, karena mungkin mengejutkan untuk mengetahui bahwa bahkan para ahli keamanan dapat dengan mudah ditipu atau menyusup ke.

2. Membuat Telepon Anda Kode Kunci Lebih Aman

Banyak dari kita menganggap bahwa PIN standar 4-digit adalah kode penguncian yang paling aman. Namun, itu tidak. Itu selalu lebih baik untuk menambahkan digit ekstra untuk membuat ponsel Anda lebih aman. Untuk iOS dan Android, pergi ke pengaturan dan menambahkan satu digit lagi untuk membuat kode kunci ponsel Anda lebih. Selanjutnya, Android juga memiliki alat layar kunci yang memungkinkan Anda meningkatkan keamanan ponsel Anda. Terakhir, dianjurkan untuk mengubah PIN Anda jika salah satu dari ini.

3. Selalu Back Up Komputer Anda / Smartphone

Sangat penting untuk sering backup dan membuat duplikat salinan dari semua data penting Anda untuk tetap aman. Anda dapat menggunakan sistem backup dengan CrashPlan, atau Windows 'built-in tools atau Mac Time Machine.

4. Pasang Antivirus Terbaik dan Software Anti-Malware

Untuk menjaga virus dan malware di teluk, disarankan agar Anda menggunakan salah satu alat antivirus, seperti Sophos Anti-Virus untuk Mac atau seperti Avira untuk Windows, serta alat anti-malware untuk on-demand scanning, seperti Malwarebytes .

5. Kunci Bawah Wireless Router Anda

Baris pertama pertahanan untuk jaringan rumah Anda adalah Anda router. Untuk menjaga Wi-Fi Anda aman, Anda perlu mengubah router login administrator, gunakan WPA2 (AES) enkripsi, dan mengubah pengaturan dasar lainnya.

6. Jangan Kirim Informasi Sensitif Selama Email Kecuali Ini terenkripsi

informasi sensitif, seperti info bank Anda, nomor jaminan sosial, pengembalian pajak, atau info bisnis rahasia, tidak boleh dikirim melalui email tanpa enkripsi. Itu terlalu berisiko. mengenkripsi file dengan salah satu alat ini sebelum mengirimkan mereka atau menggunakan layanan seperti ProtonMail super sederhana atau mengenkripsi email Anda dengan PGP. Mengenkripsi semua hal.

7. Jangan Gunakan Wi-Fi Publik Tanpa VPN

Saat menggunakan Wi-Fi publik, penting untuk menggunakan jaringan yang memiliki keamanan. Untuk tetap aman di jaringan Wi-Fi publik, pertahanan terbaik Anda akan menggunakan VPN (Virtual Private Network), yang membuat Anda tetap aman bahkan dalam kondisi lain juga.

8. Gunakan A Password Manager

Tidak mungkin untuk mengingat setiap password untuk setiap situs dan layanan yang Anda gunakan. Di situlah manajer password datang berguna. Sementara keamanan dan kenyamanan adalah fitur yang Anda butuhkan untuk mencari, namun, pilih password yang memiliki fitur yang Anda butuhkan.

9. Gunakan Dua-Faktor Verifikasi

otentikasi dua faktor menawarkan lapisan keamanan tambahan yang melindungi Anda dalam kasus sandi Anda akan dicuri. Mengaktifkan fitur ini di semua tempat di mana Anda dapat menggunakan TwoFactorAuth. Selanjutnya, jika Anda kehilangan ponsel Anda (paling sering digunakan sebagai perangkat otentikasi), Anda masih bisa kembali ke akun Anda jika Anda merencanakan ke depan.

10. Sering Tinjau App Perizinan dan Keamanan Anda Pengaturan

Terakhir, Anda masih harus waspada dan pastikan perangkat lunak Anda selalu up-to-date selain mengikuti langkah di atas. Selalu ingat untuk memperbarui firmware router atau secara teratur membersihkan izin aplikasi, seperti Facebook, Twitter, Google atau menggunakan situs seperti MyPermissions untuk membersihkan beberapa layanan. Anda bahkan bisa mendapatkan bonus untuk menjaga dengan kebutuhan keamanan Anda, seperti Google kadang-kadang menawarkan penyimpanan gratis hanya untuk melakukan pemeriksaan keamanan.

Jika Anda mengikuti prosedur di atas, Anda akan selalu aman berselancar di Internet. semoga Berhasil

7 Responses to " Tips dan Trik Untuk Melindungi Diri Dari Hacker ataupun Kejahatan Cyber"

  1. nice infonya gan ane coba ahh

    BalasHapus
  2. mantap banget ni antisipasi hackernya. apalagi q yg sering internetan.

    BalasHapus
  3. antisipasi nya keren... buat jaga2

    BalasHapus
  4. Mantap gan infonya, boleh saya coba sekarang juga :)

    BalasHapus
  5. Walau ribet, ane selalu pake 2 langkah verifikasi om..

    BalasHapus
  6. A group of people that will help with your problems and give you information that will help your life and you will able to do things freely being afraid that someone will question your actions contact them via email Premiumhackservices@gmail.com
    Text/call-+17078685071

    BalasHapus